• Call for Papers
    Call for Papers

    Call for Paper Seminar Nasional Pertanian Organik Bogor, 18-19 Juni 2014. [Selengkapnya...]

  • Kawasan Wisata Ilmiah
    Kawasan Wisata Ilmiah

    "Mempertahankan warisan nusantara sebagai wisata berkonsep lmiah dan atristik" [ Selengkapnya... ]

     
  • Laboratorium Pengujian
    Laboratorium Pengujian

    Lab. Penguji Terakreditasi BAN-KAN  LP-256 IDN didukung tenaga Profesional yang handal serta fasiilitas yang memadai  [ Selengkapnya...]

     

Agenda

  •   April 2014
    April 2014

    Kunjungan delegasi Malaysia studi banding pengembangan tanaman rempah dan obat

  • 18-19 Juni 2014
    18-19 Juni 2014

    Seminar Nasional Organik dengan tema " Inovasi Teknologi Pertanian Organik Menuju Gaya Hidup Sehat"

Fasilitas

  • Koleksi tan. Obat
    Koleksi tan. Obat
    Koleksi plasmanutfah tanaman rempah dan obat dipadukan ...
  • Alat destilasi
    Alat destilasi

    Alat destilasi minyak atsiri skala laboratorium

  • Gedung Pertemuan
    Gedung Pertemuan
    Balittro didukung dengan fasilitas aula yang besar,

TEKNIK PERBANYAKAN TANAMAN SANREGO

Sanrego (Lunasia amara) merupakan tanaman obat potensial yang berasal dari Kawasan Timur Indonesia (KTI). Saat ini status tanaman tergolong langka. Tanaman ini digunakan dalam pengobatan tradisional oleh masyarakat di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Pramudiarja, 2012). Bagian tanaman  yang umum digunakan adalah akar, batang, dan daun.

Ta n a m a n s a n r e g o d i y a k i n i masyarakat sebagai obat afrodisiak. Afrodisiak adalah suatu zat atau obat yang dapat membangkitkan ataun meningkatkan gairah seksual. Secara  umum, tanaman yang mempunyai efek afrodisiak mengandung senyawa kimia turunan saponin, alkaloid, tanin, dan s e n y a w a l a i n n y a y a n g d a p a t meningkatkan peredaran darah dalam tubuh sehingga memperbaiki fungsi organ. Dengan lancarnya peredaran darah, akan mengaktifkan kerja syaraf  pusat sehingga tubuh menjadi bertenaga  dan kuat. Hasil survey pada masyarakat di Sulawesi Selatan menyebutkan bahwa sanrego juga terbukti mampu mengobati impotensi. Selain bermanfaat sebagai a f r o d i s i a k , s a n r e g o j u g a s e r i n g digunakan sebagai obat malaria,diabetes, dan gigitan ular.

Read more...

RUMPUT KEBAR PENINGKAT KESUBURAN KANDUNGAN

Salah satu upaya alternatif yang dapat digunakan untuk persoalan terlambatnya keturunan adalah dengan mengkonsumsi herbal rumput kebar (Biophytum petersianum Klotzsch). Anak sangat dibutuhkan oleh setiap pasangan suami- istri, ada yang cepat ada juga yang terlambat punya keturunan. Beberapa faktor yang kemungkinan menghambat terjadinya kehamilan antara lain kesuburan (fertilitas), nutrisi, penyakit dan usia calon ibu. Hal ini kemungkinan dapat menghambat terjadinya kehamilan.

Rumput kebar di Indonesia banyak terdapat di daerah Distrik Kebar Manokwari Propinsi Papua Barat. Nama lokal dari rumput ini adalah “banondit” yang artinya banyak anak (Mulyono,2000). Selain bertani, salah satu  sumber pendapatan petani/masyarakat di daerah tersebut adalah memanfaatkan rumput kebar yang tumbuh secara liar dan dipilih yang sudah berbunga.  

Read more...

TIMI BERKHASIAT SIRNAKAN BATUK

Pada pengobatan secara konvensional, umumnya obat batuk mengandung senyawa kimia antitusif, dekongestan, ekspektorat atau campuran keduanya. Sebagai alternatif untuk pengobatan penyakit batuk dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman timi (Thyimus vulgaris L).  Fungsi utama timi sebagai obat batuk adalah karena adanya senyawa aktif yang terkandung di dalamnya seperti tymol dan carvarol yang bermanfaat sebagai ekspektoran dan anti pasmodik.

Read more...

INOVASI BUDIDAYA JAHE SISTEM BAG CULTURE

Banyak jalan menuju roma….. ternyata pepatah tersebut  rupanya mengilhami para petani dalam budidaya tanaman. Ketika tanah/lahan  sebagai media tanam tidak cocok dengan suatu tanaman seperti jahe di Brebes bagian Utara yang bertekstur liat,  dan tidak cocok untuk tanaman jahe. Lalu dilakukan budidaya jahe dengan meramu media tanam yang lebih remah dengan mencampur ladon, pupuk kandang dan sedikit tanah dengan budidaya dalam karung. Atau mungkin ketika budidaya bawang merah mengalami kejenuhan, lalu mencoba ke komoditas lainnya.

 

Read more...

CARA EFEKTIF TEKAN BERCAK DAUN PADA JAHE

Jahe merupakan kelompok tanaman obat yang paling banyak dibutuhkan masyarakat, karena fungsinya sebagai bahan obat maupun rempah untuk cita rasa makanan atau minuman.  Penyakit layu bakteri yang disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum masih menjadi kendala dalam budidaya jahe di Indonesia. Namun akhir-akhir ini, gejala bercak daun telah dilaporkan menjadi masalah penting di  beberapa daerah sentra produksi jahe di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bengkulu. Ada empat jenis jamur yang banyak dilaporkan menyebabkan kerusakan pada daun tanaman jahe di Indonesia, yaitu Phyllosticta, Pyricularia, Cercospora dan Phakopsora.  

Read more...

Lab. Pengujian

Sistem manajemen laboratorium mengacu ISO/IEC17025:2005